Rabu, 24 September 2014

Produksi Perusahaan Vespa Indonesia


Sekilas tentang Dan Motor Indonesia



PT. DANMOTOR merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri dimana persaingan dalam pasar produk-produk industri semakin ketat dan tajam, sehingga untuk dapat memenangkan persaingan ini PT. DANMOTOR menerapkan strategi pemsaran yang baik agar dapat memposisikan produknya pada segmen yang jelas, pada dasarnya setiap perusahaan mempunyai prinsip yang sama dalam menetapkan strategi pemasarannya , begitu pula dengan PT. DANMOTOR dalam menerapkan stategi pemasaran untuk produknya.

Diantara tahun 1952 - 1968 scooter VESPA yang dibuat dan dirakit oleh perusahaan PIAGGIO di Italia dipasarkan di Indonesia oleh beberapa perusahaan, diantaranya oleh "The East Asiatic Company", perwakilan Jakarta.

Dalam bulan Maret tahun 1968 sebuah perusahaan swasta nasional Indonesia bernama PT. DANMOTOR Indonesia didirikan dalam bentuk joint venture antara perusahaan Denmark dan perusahaan Indonesia. Perusahaan ini bertindak sebagai sole agent di Indonesia untuk kendaraan roda dua scooter merk VESPA yang dibuat oleh PIAGGIO.

Perusahaan ini juga membentuk jaringan pemasaran diseluruh Indonesia beserta fasilitas servis dan penyediaan suku cadang. Pabrik perakitan di bangun di jalan Jendral Sudirman, Jakarta untuk merakit kendaraan yang di import dari Italy dalam bentuk semi-knocked down.

Dalam tahun 1970 didirikan PT. DANMOTOR INDONESIA dalam rangka undang-undang Penanaman Modal Asing di Indonesia dan perusahaan baru ini mengambil alih semua kegiatan PT. DANMOTOR INDONESIA. Ditahun 1971 kegiatan perakitan dipindahkan ke pabrik yang baru yang terletak di jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Utara.

Sesuai dengan kebijakan Pemerintah Indonesia, maka sejak tahun 1976 semua komponen termasuk body telah dibuat sendiri didalam negeri kecuali engine parts dan beberapa bagian kecil dari komponen masih harus diimport dari luar negeri.

Pabrik yang berada di Pulo Gadung terdiri atas 2(dua) bagian yaitu bagian manufacturing yang memproduksi komponen dan bagian Assembli yang melakukan pekerjaan perakitan.

Pabrik di bangun diatas areal tanah seluas 68.400M2 yang terdiri dari pabrik, gudang dan kantor. Direksi perusahaan yang dipegang oleh bangsa Indonesia, begitu pula dengan tenaga staff dan operator, kecuali ada 2 tenaga ahli asli berkebangsaan Amerika dan Inggris sebagai tenaga ahli.

Tanggal 31 juli 1998 terjadi PHK besar-besaran, oleh karena itu produksi ditutup sementara. Untuk sekarang bulan Januari 2006 dengan nama PT. DANMOTOR INDONESIA dengan jumlah karyawan 170 orang.


Price List Vespa Doeloe



All About Scooter

Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.
Lahir Kembali
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.
Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.
Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.
Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya.
Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.
D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.
Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.
Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an.
Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.
Produk 150 GS -- kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.
Sejarah Vespa di Indonesia
“Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesiaterhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congosaat itu.
Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.
Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Sampai saat ini Indonesia mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.

18 komentar:

  1. Informasi yang berguna
    , Setelah PHK besar-besaran , lalu di mana sekarang lokasi manufaktur onderdil Vespa , apakah sudah terpisah atau terintegrasi dengan manufaktur Kawasaki ?

    BalasHapus
  2. Informasi yang berguna
    , Setelah PHK besar-besaran , lalu di mana sekarang lokasi manufaktur onderdil Vespa , apakah sudah terpisah atau terintegrasi dengan manufaktur Kawasaki ?

    BalasHapus
  3. apakah PT.Danmotors masih ada di pulo gadung

    BalasHapus
  4. Segera daftar dan bermain bersama jutaan player diseluruh Indonesia hanya di #mgmdomino.
    Dan mainkan 7 permainan yang menarik dan dapat anda nikmati Hanya dengan 1 ID.
    Permainan Berupa:
    - Poker
    - Bandar Poker
    - Adu-QQ
    - Bandar-Q
    - Domino-QQ
    - Capsa Susun
    - Sakong *New
    Promo yang sedang berlangsung sebagai berikut :
    ♥ Minimal DEPOSIT dan Withdraw Hanya RP. 20.000.-
    ♥ Jackpot Hingga Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    ♥ Bonus Mingguan 0.3% - 0.5%
    ♥ Bonus Referral 20%
    Contact Us Person :
    ♠ LIVE CHAT : official website
    http://mpokergm.com/v/447496717
    ♠ Pin BBM : 28CAFAB2
    ♠ Phone : +85577597038
    ♠ Skype : MGM POKER
    ♠ LINE : MGM POKER
    TERIMA KASIH
    Salam Hokky kami Admin MGMPOKER88

    BalasHapus
  5. Vespa emang produknya unggul, kebetulan sekolah kami ada jurusan Teknik Sepeda Motornya, kira kira bisa engga ya anak anak didik kami mengadakan kunjungan pabrik untuk mrnambahan wawasan mereka

    BalasHapus
  6. Vespa emang produknya unggul, kebetulan sekolah kami ada jurusan Teknik Sepeda Motornya, kira kira bisa engga ya anak anak didik kami mengadakan kunjungan pabrik untuk mrnambahan wawasan mereka

    BalasHapus
  7. Pabriknya dimana setelah karyawan di PHK

    BalasHapus
  8. DEAR

    Pimpinan / Importer PerusahaanAttn: Import & DomestikPerihal:Letter Partner Cargo Import & Domestics
    Dengan hormat,
    Kami dari PT.TIGA TIGA INDONESIA INTERNASIONAL mengenalkan diri sebagai perusahaan Exspedisi cargo air & Exspedisi Cargo Ships (EMKL) Int'l Freight Forwarding dan Customs Clearance,Yang berdomesili di jakarta selatan Indonesia,Kami siap bekerjasama with your party.Layanan di Perusahaan Kami:
    Jasa Pengiriman Air & LautEx-Work, FOB, CNF & CIFImport Door to Door ServiceCustoms Clearance Import ResmiCustoms Clearance ExportCustoms Clearance Import Borongan (All-In)Under Name(Consignee)Domestik Antar PulauPT.Tiga Tiga Indonesia Internasional
    Berkomitmen untuk menjadi mitra yang baik dan tepat bagi pelanggan yang mengimport planing.Jika perusahaan Bapak / Ibu tidak memiliki Izin Import, sedangkan kebutuhan untuk mengimport Sangat mendesak, maka kami menawarkan solusi yang tepat dalam hal importasi dengan sistem UNDER NAME(Consignee)Jadwal konsolidasi Import Door to Door By Air & By Sea:
    SingapuraKeIndonesiaChinaKeIndonesiaTaiwan KeIndonesiaMalayasiaKeIndonesiaEropaKeIndonesia
    System Service:  DOOR TO DOOR (Ex - Work), DIRECT STATE OF ORIGIN
    TRANSHIPPMENT SINGAPORE, SINGAPORE AGENT CONSIGNEE PORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) CUSTOM CLEARANCE SERVICE OFFICIAL, HAVE PERMISSION TO LEGAL OWNER OF IMPORTED GOODSPORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) RENTAL FLAG (UNDER NAME) AUTHORIZED SERVICE & WHOLESALE, WE IMPORT PERMITS LEGALITY

    Jika Anda membutuhkan jasa pengiriman silahkan menghubungi kami kapan saja. Bila ada hal yang hendak di tanyakan lebih lanjut.Hubungi  kami 

    JOEL ALFARISHIPT Tiga Tiga Indonesia InternasionalGedung Granada Regatama Room A206 Setia Budi JakselPhone   : 021 - 2232 3158Fax     : 021 - 2283 3021Hp/WA   : 0823  6188 3417Email   : joelalfarishi@gmail.com

    BalasHapus
  9. Jika membutuhkan jasa pengiriman barang export - import , Customs - Clearance Doot to Door, Borongan atau Sewa Undername.

    Bisa hubungin saya
    PT. GLOBAL INDOTRANS ASIA

    Hp/wa: 082236064434
    Email : rudiimport3@gmail.com

    BalasHapus
  10. Kepada Yth
    Bagian Import / Purchasing Dept.

    Dengan Hormat,Perkenalkan Kami Dari PT. UNITAMA MULTI SARANA,Merupakan Perusahaan International Freight Forwarders, Customs Clearance,EXPORT Maupun IMPORT & DOOR TO DOOR BORONGAN Serta Menerima Kiriman Ke Seluruh Indonesia yang Berdomisili Di Jakarta barat. Kami siap membantu Bapak / Ibu  untuk menangani setiap aspek kebutuhan yang berhubungan dengan proses kepabeanan.

    Services Dari PERUSAHAAN Kami Antara Lain :
    - Jasa Export
    - Jasa Import
    - Jasa Door To Door Borongan
    - Jasa Domestic Service

    Untuk Melengkapi Proses Kepabeanan, Kami Memiliki Beberapa Izin Yang Diperlukan. Antara Lain :
    - PI BESI BAJA- PI KEHUTANAN
    - LS ELEKTRONIK
    - LS TEXTIL- LS MAINAN- LS ALKES- LS MINUMAN
    - LS MAKANAN- LS LAMPU LED- LS SEPATU
    - LS PAKAIAN JADI- LS BARANG BUKAN BARU ( BEKAS )

    Demikian Perkenalan Dari Kami,Atas Pertimbangan Dan Perhatiannya Kami Mengucapkan Terima Kasih.

    Thank & best regards,

      AGUS RIZAL VC
    PT. UNITAMA MULTI SARANA
    International Freight Forwarders
    Gedung Nilakandi Lantai. II/5Jl. Roa Malaka Utara No. 1-3 Jakarta Barat 11230. 
    Mobile    : 0822 6112 5670 
    Phone     : 021 - 690 3230
    Email      : rizal.eximmultisarana01@gmail.com
    Https       : //ptunitama.wordpress.com

    KESUKSESAN ANDA KEBANGGAAN BAGI KAMI KENERJA.....!  

    BalasHapus
  11. Tanya dong vespa Excell 2002 dirakitnya Masih Di danmotor?

    BalasHapus
  12. Kpd.yth Bpk/ibu
    Attn      : Pimpinan dan purchasing Import di tempat

    Dengan hormat,
    Perkenalkan kami dari PT. MECA ASIA HUTAMA Freight Forwarder mengajukan penawaran Jasa Handling barang import, LCL / FCL, resmi/ legal serta peminjaman Perusahaan/ Undername ke seluruh Indonesia dan Kami mempunyai Agent-Agent di Eropa dan Asia sehingga kami bisa mengerjakan import borongan dan resmi dengan harga Ex-Work , FOB, C&F Dan CIF.

    PT. MECA ASIA HUTAMA kami bisa menangani impor barang-barang sabegai berikut :
    Mesin Baru/Bekas, Alat Berat, Besi/Baja, Pumpa, Genset, Mainan, Alat Kesehatan ( ALKES ), Electronics, Spare Part, Textile, Garment, Alas kaki, Accessories, Keramik Ubin, Chemical, Makanan dan barang Cargo lainnya.

    Adapun produk jasa yang kami tawarkan Sbb :
    Customs clearance Laut & Udara
    Import Borongan ( All-In )
    Import Ex-work
    Import Under Name
    Import Door To door

    PT. MECA ASIA HUTAMA bisa Membantu Customer-Customer yang sudah terlanjur Mengirim barang tapi ada kendala di kepabeanan disebabkan karena legalitas Impor / lartas impor tidak lengkap dan barang tidak bisa diproses, Maka kami memberi solusi dengan sistim kerja Borongan All-In.

    Contact Persons
    Mr.JUFRI
    wa.me/6281360986246
    Email:jufriforwarder@gmail.com

    BalasHapus
  13. online casino - Online casino - BGP - Agam
    Online Casino in India — Online casino in India. Gambling is a major part of 온카지노 the world, especially in the United 온라인카지노 States. ボンズ カジノ With live games, players from countries of

    BalasHapus
  14. yang punya kontak orang danmotor kabari

    BalasHapus